KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan Al Kitab kepada hamba-Nya, dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya. Dengan petunjuk-Nya yang mulia itu, Dia membimbing manusia dari lembah kehinaan yang berlumuran dosa menuju lembah kemuliaan yang dipenuhi
pahala dan ridlo-Nya.
Selanjutnya, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besasrnya kepada semua pihak yang dengan caranya masing-masing telah membantu proses rampungnya makalah ini. Semoga tercatat di sisi Allah sebagai amal saleh bagi mereka. Amin.
Penyusun menyadari, bahwa walaupun segenap kemampuan telah tercurah demi kesempurnaan makalah ini. Namun tak dapat dipungkiri bahwa penyusunan makalah ini tak terlepas dari berbagai kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, harap kritik dan sarannya demi perbaikan dalam penyusunan makalah berikutnya.
Dan semoga makalah ini mampu menambah wawasan dan manfaat bagi kita semua. Amin.
DAFTAR ISI
Halaman Judul i
Kata Pengantar ii
Daftar Isi iii
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Rumusan Masalah 1
C. Tujuan Masalah 2
BAB II PEMBAHASAN 3
A. Pengertian dan Objek Evaluasi 3
B. Tujuan dan Fungsi Evaluasi 4
C. Jenis-Jenis Evaluasi 5
D. Teknik Evaluasi 7
E. Peranan Prsikologi Belajar dalam Kegiatan Evaluasi 8
BAB III PENUTUP 9
A. Kesimpulan 9
B. Saran 9
Daftar Pustaka 10
BAB I
PENDAHULAUAN
A. Latar Belakang Masalah
Mengapa evaluasi belajar perlu dilakukan? Karena dengan evaluasilah, akan diketahui apakah proses belajar mengajar, di mana siswa dan guru berintraksi, telah mencapai sasaran ataukah belum.
Mengingat pentingnya evaluasi sebagaimana yang telah penulis ungkapkan di atas maka penulis akan mengupas secara sederhana mengenai evaluasi di dalam makalh ini. Evaluasi ini dapat dilakukan dengan cara bermacam-macam cara sehingga mempermudahkan bagi pendidk untuk menentukan cara yang mana yang cock ia gunakan untuk mengevaluasi peserta didiknya.
Untuk itu penulis mengangkat sebuah judul menarik untuk makalah sederhana ini yaitu: “ Evaluasi dalam Psikologi Belajar”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan Latar Belakang Masalah di atas maka penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut:
1. Apa pengertian evaluasi dalam psikologi belajar?
2. Apa tujuan dan fungsi evaluasi?
3. Apa saja jenis-jenis evaluasi?
4. Apa saja teknik evaluasi?
5. Apa peran psikkologi belajar
B. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan dari makalah ini adalah:
1. Untuk mengetahui pengertian evaluasi dalam psikologi belajar
2. Untuk mengetahui tujuan dan fungsi evaluasi
3. Utnuk mengethui apa saja jenis-jenis evaluasi
4. Untuk mengetahui apa saja teknik evaluasi
5. Untuk mengetahui peran psikologi belajar
BAB II
PEMBAHASAN
EVALUASI DALAM PSIKOLOGI BELAJAR
A. Pengertian dan Objek Evaluasi
Aktivitas belajar, perlu di adakan evaluasi. Hal ini penting karena dengan evaluasi kita dapat mengetahuiapakah tujuan belajar yang telah ditetapkan dapat tercapai atau tidak. Istilah evaluasi sering di kacaukan dengan pengukuran, keduanya memang ada kaitan yang erat, tetapi sebenarnya mengandung titik beda. Menurut Sumadi Suryabrata pengukuran mencakup segala cara untuk memperoleh informasi yang dapat dikuantifikasikan. Sedangkan evaluasi menekankan penggunaan informasi yang diperoleh dengan pengukuran maupun dengan cara lain untuk menentukan pendapat dan membuat keputusan-keputusan pendidikan.
Evaluasi juga dilakukan dengan cara membanding-bandingkan situasi sekarang dengan situasi yang lampau atau situasi yang sudah lewat.
Adapun aspek-aspek kepribadian yang harus diperhatikan merupakan objek di dalam pelaksanaan evaluasi tersebut, menurut Nasrun Harahap, adalah sebagai berikut :
1. Aspek-aspek tentang berpikir, meliputi : inteligensi, ingatan, cara menginterpretasi data, pokok-pokok pengajaran, dan pemikiran yang logis.
2. Dari segi perasaan sosialnya, meliputi : kerja sama dengan kawan sekelasnya, cara bergaul, cara pemecahan masalah, serta nilai-nilai sosial.
3. Dari kekayaan social dan kewarganegaraan, meliputi : pandangan hidup atau pendapatnya terhadap masalah-masalah social, politik, dan ekonomi.
B. Tujuan dan Fungsi Evaluasi
Tujuan evaluasi dapat dilihat dari dua segi, tujuan umum dan tujuan khusus. L. Pasaribu dan Simanjuntak, menegaskan bahwa :
1. Tujuan umum dari evaluasi adalah sebagai berikut :
a. Mengumpulkan data-data yang membuktikan taraf kemajuan murid dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
b. Memungkinkan pendidik/guru menilai aktivitas/pengalaman yang didapat.
c. Menilai metode belajar yang dipergunakan
2. Tujuan Khusus dari evaluasi adalah sebagai berikut :
a. Merangsang kegiatan siswa
b. Menemukan sebab-sebab kemajuan atau kegagalan.
c. Memperbaiki mutu pelajaran/cara belajar atau metode belajar.
d. Memberikan bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan, perkembangan dan bakat siswa yang bersangkutan.
e. Memperoleh bahwa laporan tentang perkembangan siswa yang diperlukan oreang tua dan lembaga pendidikan.
Selanjutnya dilihat dari segi pelaksanaanya evaluasi mempunyai tiga prinsip pokok, yaitu :
a.Prinsip Keseluruhan
b.Prinsip Kontinuitas
c.Prinsip Objektivitas.
Dalam kaitannya dengan kegiatan belajar-mengajar, evaluasi mempunyai fungsi yang amat penting, yaitu :
1. Untuk menentukan murid di dalam situasi belajar mengajar yang tepat, sesuai dengan tingkat kemampuan (dan karakteristik lainnya) yang dimiliki oleh murid.
2. Untuk memberikan umpan balik (feedback) kepada guru sebagai dasar untuk memperbaiki proses belajar-mengajar, serta mengadakan perbaikan program bagi murid.
3. Untuk memberikan angka yang tepet tentang kemajuan atau hasil belajar dari setiap murid.
C. Jenis-Jenis Evaluasi
Biasanya evaluasi di bagi menjadi empat jenis, yaitu : evaluasi formatif, evaluasi suatif, evaluasi placement, dan evaluasi diagnostik.
1. Evaluasi Formatif
Fungsi : untuk memperbaiki proses belajar mengajar ke arah yang lebih baik , atau memperbaiki program satuan pelajaran yang telah digunakan.
Tujuan : untuk mengetahui hingga di mana penguasaan murid tentang bahan yang telah diajarkan dalam suatu program satuan pelajaran.
Aspek-aspek yang dinilai : yang berkenaan dengan hasil pelajaran murid, meliputi : pengetahuan, keterampilan, sikap dan penguasaan terhadap bahan pelajaran yang telah disajikan
2. Evaluasi Somatif
Fungsi : untuk menentukan angka/nilai murid setelah mengikuti program pengajaran dalam satu semester atau akhir dari suatu program bahan pengajaran dari suatu unit pendidikan.
Tujuan : untuk mengetahui taraf hasil belajar yang dicapai oleh murid setelah menyelesaikan program bahan pengajaran dalam satu semester atau akhir.
Aspek-aspek yang dinilai : kemajuan belajar
3. Evaluasi Placement (Penempatan)
Fungsi : untuk mengetahui keadaan anak termasuk keadaan seluruh pribadinya, agar anak tersbut dapat ditempatkan pada posisinya yang tepat.
Tujuan : untuk menempatkan anak didik pada kedudukan yang sebenarnya, berdasarkan bakat, minat, kemampuan, kesangupan serta keadaan-keadaan yang lainnya, sehingga anak tidak mengalami hambatan dalam mengikuti setiap program/bahan yang disajikan guru.
Aspek-aspek yang dinilai : meliputi : keadaan fisik. Psikis, bakat, kemampuan/pengetahuan, keterampilan, sikap dan lain-lain aspek yang dianggap perlu bagi kepentingan pendidikan anak selanjutnya.
4. Evaluasi Diagnostik
Fungsi : untuk mengetahui masalah-masalah apa yang diderita atau yang mengganggu anak didik, sehingga ia mengalami kesulitan, hambatan atau gangguan ketika mengikuti program tertentu.
Tujuan : untuk mengatsi/membantu pemecaham kesulitan atau hambatan yang dialami anak didik waktu mengikuti kegiatan belajar-mengajar pada suatu studi atau keseluruhan bidang pengajaran.
Aspek-aspek yang dinilai : hasil belajar, latar belekang kehidupan anak, keadaan keluarga dan lingkungan.
D. Teknik Evaluasi
Dalam pelaksanaannya, evaluasi dapat di tempuh melalui dua cara, yaitu : teknik tes dan non-tes.
1. Teknik tes
Teknik tes dapat berbentuk :
a. Tes terulis
b. Tes lisan
c. Tes perbuatan
2. Teknik non-tes
Teknik tes dapat berbentuk :
a. Angket
b. Wawancara/interviu
c. Observasi
d. Kuesioner/inventori
E. Peranan Psikologi Belajar dalam Kegiatan Evaluasi
Sebagaimana telah dijelaskan dalam uraian terdahulu, bahwa psikologi belajar pada dasarnya adalah membicarakan aspek-aspek psikologi yang mempengaruhi proses dan hasil belajar, dan sedangkan evaluasi belajar adalah suatu aktivitas untuk mengetahui berhasi atau tidaknya tujuan belajar maka dapat dikatakan bahwa psikologi belajar akan mendasari segala kegiatan yang menyangkut evaluasi belajar.
Istilah ”kegiatan” di sini mencakup hal-hal sejak dari :
persiapan, pelaksanaan sampai pada follow up
Penetapan tujuan
Pemilihan jenis evaluasi
Pemilihan alat yang digunakan dalam evaluasi
Penyusunan materi/isi evaluasi itu sendiri
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrument dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur memperoleh kesimpulan. Adapun tujuan dan fungsi evaluasi dapat dilihat dari dua segi yaitu: dari segi umum dan kusus. Adapun jenis-jenis evaluasi antara lain : evaluasi formatif, evaluasi Sumatif, Evaluasi placement, evaluasi deagnostik adapaun dalam evaluasi juga terdapat dua teknik yaitu tertulis dan non tertulis.
B. Saran
Setelah penulis mengadakan penelitian dan penganalisis terhadap masalah ini, maka penulis ingin mengemukakan saran-saran yang mungkin dapat dijadikan sebagai jalan pemecahan itu yaitu :
Kepada para pendidik diharapkan lebih memperhatikan dan memahami serta mempunyai metode tertentu untuk melakukan evaluasi terhadap warga keaksaraan
DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, 1991 , Psikologi Belajar, Jakarta, PT. Rineka Cipta
M. Chabib Thoha, 2001, Teknik evaluasi pendidikan, Jakarta, PT. Rineka Grafindo Persada
Slameto, 1995, Belajar faktor – faktor yang mempengaruhinya, Jakarta, PT. Rineka Cipta
Syaiful Bahri Djamarah, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, PT. Rineka Cipta.